Ini pengalaman gue pribadi, semoga jadi pelajaran buat kalian yang membacanya ya :)
Hari Jumat 16 April 2021 kemarin, gue yang lagi WFH ditelpon seseorang yang mengaku sebagai petugas kartu kredit BNI dengan no telp (021) 22468609. Tanpa rasa curiga sedikitpun, gue percaya aja kalo yang nelpon gue saat itu adalah benar-benar dari BNI. FYI, kartu kredit itu gue dapatkan saat gue akad KPR, jadi bukan sengaja gue apply gitu, dan gue emang gada niatan mau pake cc (credit card) juga, sehingga cc itu belum pernah gue aktifasi, apalagi dipake belajaaa.. dan sebelumnya juga gue pernah dapet 2 telepon dengan tanggal yang berbeda dari petugas cc BNI, I'm not too sure sih 2 telpon yang dulu pernah nelpon gue petugas BNI asli atau jadi-jadian.
Singkat cerita, si cupu ini sedang ditipu melalui telpon, data-data pada cc-nya ia sebutkan pada si penipu. Modus penipuannya itu PROMO FREE ADMIN SELAMA 5 TAHUN dan FREE UPGRADE LIMIT TANPA SYARAT, MENJADI 25JT. Kalo yang free admin terus terang gue tertarik, dari BNI resminya sih memang sudah ada free admin selama setahun, tapi untuk penambahan limitnya gue kurang tertarik, karena mikirnya semakin besar limit takutnya gue keenakan make tau-tau tagihan membengkak :( Tapi si penipu itu agak maksa dipenambahan limit, dengan kata-kata manisnya itu akhirnya (yaudah dehh) gue mau.
Si penipu itu bilang kalau setelah ini dari pihak analis akan menelpon gue, dengan penegasan dia berkata "HARAP DIANGKAT YA BU!", baeklaah.. Gue angkat telpon dari orang yang mengaku sebagai pihak analis itu (penipu 2), dia minta gue nyebutin data-data pribadi di cc, trus datanglah sms dari BNI yang berisi kode trx, kondisi gue masih dalam keadaan percaya kalo mereka adalah pihak BNI. Kode tersebut gue kasih ke si penipu 2, lalu dia menginstruksi dengan penegasan kalo GUE HARUS MENGHAPUS SMS ITU SEKARANG JUGA DAN KALAU ADA TELPON DARI KODE 021 HARAP JANGAN DIANGKAT, dengan dalih itu adalah petugas asuransi, no telponnya di (021) 2565100. Gue belum menghapus SMS dari BNI yang bersis kode trx itu, entah kenapa gue agak curiga kenapa ya harus dihapus, pas gue baca lagi, barulah gue sadar kayaknya gue kena tipu!!!
Langkah-langkah yang dilakuin setelah sadar (kayaknya gue) kena tipu:
-download aplikasi Get Contact, lacak no telp penipu dan orang yang disebutkan sebagai petugas asuransi tadi
-beli pulsa
-telpon call center (BNI 1500046)
Disini gue melakukan pengaduan terlebih dulu, lalu konfirmasi apakah benar ada promo yang gue tuliskan di atas. Ternyata dari pihak BNI menegaskan tidak ada promo seperti itu, dan yang kata si penipu tadi petugas asuransi sebenernya bukan! itu petugas BNI beneran, doi mau konfirmasi apakah bener gue melakukan transaksi, tapi karena telpnya gue reject jadi dianggap menyetujui transaksi, huaaahhh cryyy... Tapi saat itu menurut call center BNI, transaksinya masih mengambang dan masih bisa dicancel, silahkan hubungi merchant. Saat itu merchantnya adalah DANA. Oya, gue juga minta pemblokiran cc.
-telpon call center merchat (DANA 150045) tapi sibuk tross dan diarahkan ke whatsapp di no 081911500445
Tinggal wa aja no tesersebut nanti kita akan diarahkan sesuai kebutuhan. saat itu gue diminta buat melengkapi data dengan laporan polisi karena kerugian yang gue alami diatas 2,5jt yaitu Rp. 4.925.021 kalo kerugian kalian dibawah 2,5jt kalian gak usah buat laporan polisi, cukup dengan melampirkan formulir yang diberikan dari DANA.
-lapor ke kantor polisi
-upload hasil scan laporan polisi ke whatsapp DANA, chill and relax tunggu konfirm selanjutnya dari DANA (walau sebenernya ga bisa chill and relax juga seeehh)
SARAN
Saat sedang melakukan aduan pada pihak DANA, cukup lakukan 1x saja, agar laporan/aduan bisa cepat ditangani.
20 April 2021, pukul 14.26 GMT+7
Gue dapet email dari DANA yang berisikan :
ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAAMIIN..
Kalo rezeki memang gak kemana, udah berdoa, berusaha, iktiar, dan pasrah sama Allah..
Mungkin ini teguran untuk lebih berhati-hati lagi :))
Oya setelah dapet email tersebut, besoknya gue langsung konfirm ke BNI, ke banknya langsung lebih tepatnya ke card center BNI Perintis-Bandung, waktunya gak sampe 5menit :)
gue jadi mikir, transaksi bisa dibatalkan apa karena gue belum pernah aktifasi cc ya.. ntahlah yang jelas ini terjadi juga karena kuasa Allah :)
0 komentar:
Posting Komentar